Hewan-hewan yang Berhasil Diselamatkan dari Kepunahan.

Pedomanku.com – Hewan Selamat dari Kepunahan. Kali ini, kami ingin berbagi kabar bahagia nih yang datang dari dunia hewan. Tahun ini, ada beberapa hewan yang tadinya berstatus Endangered sekarang bisa bernafas lega karena populasinya bertambah dan menunjukkan progres yang signifikan. Itu semua tidak lepas dari ketekunan suatu konservasi dan kegigihan orang-orang di belakangnya. Penasaran ngga, hewan-hewan apa saja yang sepertinya masih bisa kita temui beberapa tahun mendatang? Simak rangkuman dari kami disini.

Hewan-hewan yang Berhasil Diselamatkan dari Kepunahan.

Hewan-hewan yang Berhasil Diselamatkan dari Kepunahan.

1. Channel Island Fox

Hewan-hewan yang Berhasil Diselamatkan dari Kepunahan.

Chanel Island Fox

Sekilas memang semua rubah tampak sama ya gansis, tapi rubah yang satu ini adalah hewan endemik yang ada di Channel Island National Park, California. Rubah ini, pernah mengalami fase menuju kepunahan di awal tahun 1990an. Dulunya jumlah rubah lucu ini ga lebih banyak daripada jumlah kucing domestik yang ada disana, dan makin berkurang sekitar 90% dari total rubah yang ada di pulau itu dikarenakan kemunculan predator yaitu Golden Eagle. Elang Emas ini sendiri, sebenernya bukan penghuni asli disana karena seharusnya yang menempati wilayah udara Channel Islands adalah Bald Eagle. Sayangnya banyak dari Bald Eagle ini yang memilih untuk bermigrasi karena pemakaian pestisida yang berlebihan di daerah itu. Gimana ga habis rubahnya gansis, orang Elang Emas ini besarnya bisa mencapai 4x ukuran rubah kecil malang ini. Akhirnya, di tahun 2004, hewan ini masuk kategori hewan yang terancam punah.

Hewan-hewan yang Berhasil Diselamatkan dari Kepunahan.

Chanel Island Fox

Dari situlah, muncul orang-orang berhati mulia yang mengabdikan hidup mereka untuk hewan yang satu ini gansis. Setidaknya ada 300 ilmuwan, ahli konservasi, organisasi non-pemerintah, dan pemerintah sendiri turun tangan untuk mengatasi masalah ini. Salah satu caranya adalah dengan cara mengontrol populasi Golden Eagle dan mencoba untuk merelokasi habitat mereka ke tempat lain. Usaha keras pun takkan menghianati. Pemerintah mengatakan bahwa di beberapa pulau dari Channel Islands National Park populasinya kembali normal, dan di pulau-pulau lain di taman nasional itu kategori hewan ini turun dari Endangered menjadi Threathen. Keren banget ya gansis, perjuangan orang-orang ini sama sekali ga sia-sia.

2. Kakapo

Hewan-hewan yang Berhasil Diselamatkan dari Kepunahan.

Kakapo

Burung yang satu ini mirip sama kakatua yang sering dinyanyiin gansis waktu kecil. Uniknya, burung ini sudah cukup lama hidup di bumi dan ikut mengalami evolusi. Kakapo banyak dijumpai di New Zealand (Selandia Baru), dan menjadi satu-satunya burung nokturnal yang tidak bisa terbang dan diyakini bisa hidup hingga 90 tahun. Hal lain yang ga kalah unik nih gansis, yaitu ritual saat masa kimpoi. Bisa diliat gambar diatas, jantan yang sudah siap kimpoi akan mebulatkan tubuhnya serta mengeluarkan suara seperti “boom” berulang demi menarik hati si betina. Sayangnya, Kakapo betina hanya mau kimpoi dan merespon si jantan saat pohon endemik New Zealand bernama Rimu sudah berbuah, yang hanya terjadi sekitar 2-4 tahun sekali. Aneh banget ya, ga kayak burung lainnya.

Hewan-hewan yang Berhasil Diselamatkan dari Kepunahan.

Kakapo

Dunia hampir kehilangan burung unik ini loh gansis. Tepatnya di tahun 1970an, manusia melakukan perburuan besar-besaran dan banyak kucing serta anjing makan burung-burung ini karena mereka ga bisa terbang. Hasilnya, jumlah populasi Kakapo di New Zealand hampir mencapai angka 0. Padahal, orang-orang New Zealand jaman dulu pernah bercerita kalo kalian menggoyangkan pohon sedikit saja pasti banyak Kakapo yang berjatuhan. Meskipun ga bisa terbang, skillnya berubah jadi kelihaiannya memanjat pohon gansis jadi ga heran kukunya kuat buat mencengkram. Pada tahun 1980an akhirnya Kakapo di relokasi ke tempat yang minim predator dan terisolasi, ada 3 pulau yang menjadi tempat burung ini. Terbukti di tahun 2016 kemarin populasinya meningkat sebanyak 20%.

3. Siberian Tiger

Hewan-hewan yang Berhasil Diselamatkan dari Kepunahan.

Siberian Tiger

Siberian Tiger atau Amur Tiger atau Harimau Siberia biasa hidup di semenanjung Korea. Dijelaskan bahwa 100 tahun yang lalu, sangat mudah untuk melihat Harimau ini di alam bebas. Namun 10 tahun belakangan ini sudah sangat susah buat ngeliat hewan yang eksotis ini gansis, walaupun cuma sebatas jejaknya. Maraknya perburuan liar dan perusakan hutan menyebabkan hewan ini hampir punah di tahun 1900an. Jumlah hewan ini tidak diketahui tinggal berapa waktu itu, terutama di Korea Utara. Karena sifat asli Harimau yang termasuk hewan teritorial dan suka berkelana jauh untuk mencari mangsa, hewan ini juga bisa ditemui di Rusia dan China. Tapi, di dua negara itu kondisi Harimau Siberia ini juga sama mengenaskannya dengan di semenanjung Korea.

Hewan-hewan yang Berhasil Diselamatkan dari Kepunahan.

Siberian Tiger

Melihat keadaan yang seperti itu, Rusia dan China mulai melakukan serangkaian tindakan yang mendukung pelestarian Harimau Siberia. Rusia memberlakukan kebijakan yang melarang perburuan liar termasuk berburu Harimau Siberia, sedangkan China menghentikan pengambilan kayu di hutan-hutan yang terdapat Harimau Siberia serta melarang kepemilikan senjata api yang akhirnya mampu mengurangi jumlah pemburu. Tahun 2008, berita baik muncul kepermukaan yaitu jumlah Harimau ini menjadi 400 ekor di hutan bagian timur Rusia, di China juga mengalami pertumbuhan populasi yang sama menggembirakannya. Semoga laporan di tahun ini dan berikutnya bisa lebih melegakan ya gansis?

4. Mountain Gorilla

Hewan-hewan yang Berhasil Diselamatkan dari Kepunahan.

Mountain Gorilla

Kalo liat Gorilla ane suka sedih gansis, jadi keinget sama Harambe emoticon-Frown
Back to the topic. Mountain Gorilla bisa kita temui di Afrika Tengah, nama yang mereka dapat itu karena mereka hidup di hutan-hutan rimba yang ada di sekitar gunung berapi disana. Awal ane ngeliat Gorilla ini malah kayak Silverback Gorilla, tapi ternyata bukan. Gorilla ini hampir punah pada tahun 1970an, dimana terjadi perang besar disana dan diperkirakan hanya tinggal 300 Gorilla yang tersisa. Perburuan liar dan penggundulan hutan juga menjadi faktor kepunahan hewan ini ganis. Ketakutan itu cukup jelas dirasakan, karena bukan tidak mungkin Gorilla ini akan punah beberapa tahun lagi jika tidak dilestarikan.

Hewan-hewan yang Berhasil Diselamatkan dari Kepunahan.

Mountain Gorilla

Ahli konservasi dibantu pihak pemerintah, mulai melakukan aksi nyata demi keberlangsungan hidup Mountain Gorilla di Afrika Tengah. Meksipun ga banyak yang bisa dilakukan, tapi peningkatan populasi hewan ini cukup positif. WWF dan WCS adalah dua organisasi non-pemerintah yang memiliki peran sangat penting dalam usaha konservasi Mountain Gorilla. Mereka yakin, sekalipun hasil yang di dapat tidak begitu memuaskan mengingat pertambahan populasinya hanya sedikit, tapi dengan persistensi, repetisi dan determinasi pasti usaha konservasi ini akan membuahkan hasil.

5. Markhor

Hewan-hewan yang Berhasil Diselamatkan dari Kepunahan.

Markhor

Markhor adalah salah satu jenis kambing gunung yang ada di Asia Tengah. Faktor utama yang menyebabkan hampir punahnya hewan ini adalah keindahan tanduknya gansis. Bahkan, tanduk Markhor termasuk salah satu tanduk terindah di dunia hewan. Memang ya, kadang yang indah ga selalu berdampak positif buat pemiliknya. Di China, tanduk itu dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit sehingga banyak diburu untuk dijadikan ramuan tradisional. Kalo di Pakistan, jumlah hewan ini berkurang drastis sebanyak 70% pada abad ke 20. Berbeda lagi di Tajikistan yang merupakan rumah bagi Markhor, malah jumlahnya kurang dari 330 pada pertengahan 1990an. Kebayang nih hewan kalo dijadiin hewan kurban.

Hewan-hewan yang Berhasil Diselamatkan dari Kepunahan.

Markhor

Berkaji dari kondisi itu, warga lokal di Pakistan berinisiatif untuk melakukan tindakan yaitu dengan menjadikan Markhor sebagai ikon nasional mereka. Dibantu dengan NGO (non-governmental organization), para warga lokal ini di edukasi mengenai pentingnya keberadaan Markhor dan mengajak mereka untuk melestarikan hewan ini. Lama-lama populasi kambing ini bertambah. Melihat keberhasilan Pakistan, Tajikistan mulai mengikuti jejak tetangganya itu. Banyak dari pemburu di Tajikistan berhenti memburu kambing gunung ini. Keberadaan Markhor di Tajikistan pun meledak hingga 1000 ekor di tahun 2013, sedangkan di Pakistan telah bertambah 50% sejak 1999. Maka dari itu, kategori hewan ini diturunkan oleh IUCN dari Endangered menjadi Near Threathened pada tahun 2015.

6. Galapagos Giant Tortoise

Hewan-hewan yang Berhasil Diselamatkan dari Kepunahan.

Galapagos Giant Tortoise

Gansis masih inget kura-kura bernama Lonesome George? kura-kura raksasa galapagos yang diperkirakan berusia 100 tahun ini mati pada 24 Juni 2012 lalu. Usaha ilmuwan dalam mencarikan George pasangan tidak membuahkan hasil. Kegagalan itu, seakan menunjukan betapa susahnya proses berkembang biak hewan bercangkang yang satu ini. Namun, para ilmuwan boleh sedikit bergembira karena kesuksesan yang diraih dalam 50 tahun kebelakang ini dalam merawat kura-kura raksasa lainnya. Pada 1950an, mereka menemukan 11 dari 14 spesies kura-kura asli galapagos yang masih hidup. Sekitar 200 tahun yang lalu, banyak pelaut dan pemburu telah membunuh sebanyak 100.000-200.000 kura-kura raksasa galapagos dan membawa predator baru ke pulau itu yakni Black Rats. Tikus Hitam ini yang akhirnya memakan habis telur-telur kura-kura maupun anak-anaknya yang masih kecil, dan menyisakan kura-kura tua. Jika ga segera ditangani, kura-kura yang tua ini juga pasti bakal mati dan mereka ada di ambang kepunahan gansis.

Hewan-hewan yang Berhasil Diselamatkan dari Kepunahan.

Galapagos Giant Tortoise

Setelah melalui proses konservasi yang panjang dan melelahkan. Saat ini ada kurang lebih 500 kura-kura raksasa di Pinzon Island tempat Lonesome George menghabiskan hidupnya, serta sudah ada lebih dari 1.500 kura-kura raksasa lainnya di kepulauan galapagos. Dalam penelitian yang dilakukan WWF, manusia sejatinya akan membunuh hingga 2/3 dari seluruh hewan liar yang ada di dunia sampai tahun 2020. Meskipun begitu, kita harus tetep optimis gansis, karena kisah-kisah diatas adalah contoh keberhasilan yang bisa membuktikan bahwa ilmuwan, aktivis, warga lokal dan pemerintah mampu membuat perubahan jika memang mau merubah.

Nah gimana? Bemoga bisa semakin membuka mata kita kalo di negara lain aja bisa, kenapa kita engga? Mengingat Indonesia kan termasuk negara dengan title Mega Bio-Diversity, jadi malah dibutuhkan usaha yang lebih besar lagi demi melestarikan hewan-hewan yang ada di Indonesia. Kerjasama yang harmonis antara masyarakat dan pemerintah, dibantu dengan organisasi non-pemerintah maka sudah pasti negara kita yang kayak akan hutan ini ga kalah sama Brazil dengan Amazonnya dan Kongo dengan hutan hujannya.

Semoga artikel ini memberi kita manfaat dan bisa dijadikan pedoman untuk melestarikan hewan yang terancam kepunahan. Salam Pedoman
Sampai jumpa di kesempatan berikutnya.. emoticon-Salam Kenal

Sumber : Animal Saved Extinction (National Geographic)

2 Comments

  1. shazamisharh January 29, 2017 Reply
  2. Sifaul Qolbi January 29, 2017 Reply

Tinggalkan Komentar.

Fashion Gaya Hidup Sejarah Umum
Rahasia dalam Kabin Pesawat
Ini Rahasia dalam Kabin Pesawat yang Jarang Diketahui
Mengenal 9 Kebun Binatang Terbesar di Indonesia.
Mengenal 9 Kebun Binatang Terbesar di Indonesia.
Hewan-hewan yang Berhasil Diselamatkan dari Kepunahan.
Hewan-hewan yang Berhasil Diselamatkan dari Kepunahan.
11 Film Yang Paling Banyak Ditunggu Para Movie Mania
11 Film Yang Paling Banyak Ditunggu di Tahun 2017
7 Inovasi Bisnis yang Memanjakan Perempuan
7 Inovasi Bisnis yang Memanjakan Perempuan
5 Produk Hasil Mutasi Genetika
5 Produk Hasil Mutasi Genetika yang Unik di Dunia
Oymyakon desa terdingin
Oymyakon, Desa terdingin di bumi, suhunya pernah sampai -71,2 °C
cara aman atasi kelilipan
Cara Aman Atasi Mata Kelilipan
Stroke Thumbnail
10 Mitos Terkait Penyakit Stroke yang Banyak Orang Salah Paham.
Depresi thumbnail
6 Kebiasaan Penyebab Depresi, Sering Dilakukan Jarang Disadari
Tenaga Kerja Asing Cina
Perlu ga sih tenaga kerja asing di Indonesia dibatasi?
Cara Tetap Kuat Mencintai Seseorang Dalam Diam
Cara Tetap Kuat Mencintai Seseorang Dalam Diam
7 Perempuan Tercantik di Tiap-tiap Negara Berdasarkan Miss Universe
7 Perempuan Tercantik di Tiap-tiap Negara Berdasarkan Miss Universe
5 Cara Sehat Move On dari Mantan Tanpa Siksaan
5 Cara Sehat Move On dari Mantan Tanpa Siksaan
5 Pelajaran Cinta dari Obama pada Michelle yang Wajib Kamu Ketahui
5 Pelajaran Cinta dari Obama pada Michelle yang Wajib Kamu Ketahui
Kebijakan Diskriminatif Trump : Para Pendiri Perusahaan Teknologi Besar Berbicara
Kebijakan Diskriminatif Trump : Para Pendiri Perusahaan Teknologi Besar Berbicara
4 Imigran Pemimpin Raksasa Teknologi
4 Imigran Pemimpin Raksasa Teknologi
Penghasilan Utama Google
Sudah Tau Sumber Penghasilan Utama Google belum?
14 Prediksi Bill Gates Tahun 1999 Yang Akurat Terjadi Hingga 2017.
14 Prediksi Bill Gates Tahun 1999 Yang Akurat Terjadi Hingga 2017.
Logo Hoax HMBTN
Sudah tau HOAX Harvest Moon Back To Nature belum?