6 Kebiasaan Penyebab Depresi, Sering Dilakukan Jarang Disadari

Depresi

6 Kebiasaan Penyebab Depresi, Sering Dilakukan Jarang Disadari

Depresi adalah suasana hati yang buruk dan berlangsung selama kurun waktu tertentu. Ketika mengalami depresi kita akan merasa sedih berkepanjangan, putus harapan, tidak punya motivasi untuk beraktivitas, kehilangan ketertarikan pada hal-hal yang dulunya menghibur, dan menyalahkan diri sendiri

Apakah kalian pernah merasa bahwa hari-harimu terasa sangat berat, malas melakukan aktivitas seperti biasanya dan sering uring-uringan tanpa sebab yang jelas? Kalau iya, bisa jadi kamu sedang dilanda stres berat atau depresi. Pada dasarnya, setiap orang pernah merasa stres dan depresi kok… Ada banyak hal yang membuat seseorang merasa stres. Antaranya adalah karena urusan asmara yang abu-abu, karena pekerjaan menumpuk atau karena komunikasi bersama orang-orang sekitar sedang bermasalah. Selain penyebab di atas, risiko depresi juga bisa dipicu oleh kebiasaan sehari-hari yang sering kita lakukan namun jarang kita sadari. Kebiasaan tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

Sering Konsumsi Junk Food

Junk food

Junk food

Junk food atau makanan olahan yang tidak sehat dipercaya sebagai makanan penyebab utama risiko depresi. Makanan seperti keripik, mie instan dan sejenisnya dikatakan mengandung berbagai zat kimia yang bisa merusak sel-sel baik di dalam otak. Ketika sel baik di otak rusak, tentu hal ini akan menyebabkan stres berat atau depresi.

Mengurung Diri

Menyendiri

Menyendiri

Sikap terlalu tertutup dan lebih banyak mengurung diri akan meningkatkan risiko depresi. Peneliti menyebutkan jika kita tak pernah bersosialisasi dengan orang lain, ini akan membuat kita semakin rentan mengalami stres, mudah tersinggung, kurang bahagia dan kesepian.

Main Sosial Media Berlebihan

Kecanduan Sosmed

Kecanduan Sosmed

Berapa banyak waktu yang kamu gunakan untuk membuka dan bermain-main di sosial media seperti facebook, twitter, instagram dan sejenisnya? Usahakan agar tidak bermain-main di sosial media secara berlebihan karena ini bisa berpengaruh buruk buat kesehatan fisik juga psikis. Terlalu eksis dan membuang banyak waktu buat stalking di sosmed justru akan membuat kamu menjadi pribadi yang buruk, gagal dan kurang sukses. Jika sudah begini, kamu pasti akan rentan mengalami depresi, galau hingga menurunnya rasa percaya diri.

Selalu Berpikir Negatif

Negative Thinking

Negative Thinking

Pernah merasa selalu cemas, khawatir dan pesimis terhadap sesuatu? Jika iya, usahakan untuk mengatasi hal ini dengan baik. Buang jauh-jauh pikiran negatif dari hidupmu. Selalu berpikir negatif justru akan membuat hatimu terluka, kecewa dan pikiranmu kalut serta depresi. Apapun dan bagaimanapun kondisi kamu saat ini, pastikan untuk selalu berpikir positif.

Merokok & Minum Minuman Keras

Minum minuman keras

Minum minuman keras

Merokok dan konsumsi minuman keras adalah penyebab dari depresi yang banyak terjadi. Zat kimia yang terkandung di dalam rokok dan minuman keras bisa mengganggu keseimbangan kimia di dalam otak. Saat keseimbangan tersebut terganggu, jelas ini akan meningkatkan risiko stres dan depresi. Jadi buat agan sista yang punya kebiasaan merokok dan minum miras usahakan mulai sekarang di stop aja ya gan sis. Selain ga baik buat kesehatan, Islam juga kan melarang kita mengkonsumsi minuman keras. Coba deh agan sista ganti sama kebiasaan lain, misalnya olahraga

Terlalu Banyak Tidur

Kebanyakan tidur

Kebanyakan tidur

Idealnya, seseorang tidur selama 8 jam dalam sehari. Lebih dari waktu ini jelas sangat tidak baik buat kesehatan. Selain tidak baik buat kesehatan fisik, ini juga tidak baik buat kesehatan psikis. Tidur terlalu lama akan meningkatkan risiko stres dan depresi. Ini juga akan mengganggu kemampuan otak untuk berpikir lebih cerdas dan bahagia. Bahkan Baginda Rasulullah Muhammad SAW pun pernah bersabda bahwa 3 hal yang tidak disukai Allah adalah, banyak makan, banyak bicara dan banyak tidur.

Itulah beberapa kebiasaan sehari-hari yang bisa menyebabkan depresi. Agar bisa terhindar dari risiko depresi, pastikan untuk menjauhi kebiasaan di atas. Pastikan memiliki pola hidup sehat, istirahat cukup, olahraga cukup dan perbanyak berpikir positif serta percaya diri. Jangan lupa perbanyak juga bersyukur ya gan sis… Karena dengan bersyukur insya Allah hidup kita akan bahagia. Salam Pedomanku.

 

Refrensi : alodokter.com

One Response

  1. arikuncoro156 January 21, 2017 Reply

Tinggalkan Komentar.